Monday 17 August 2015

Jadi, Ini Alasan Wapres Jusuf Kalla Tidak Hormat Saat Pengibaran Bendera


Budaya tabbayun sepertinya harus lebih diutamakan, jangan buru-buru suudzon dan bikin heboh menuduh wapres jusuf kalla tidak nasionalis lah, lupa lah, ato yang ekstrim JK ikut aliran yang mengharamkan hormat pada bendera.

Jika kita mau mendengar dan belajar, prasangka tersebut tidak akan terlontar, karena bapak founding fathers kita vice president Mohammad Hatta ternyata juga melakukan hal serupa.


Jadi sebenarnya ini hanya masalah protokoler semata. Presiden memberi tanda hormat karena sebagai Inspektur Upacara. Sedangkan Wapres Jusuf Kalla (JK) hanya berdiri hormat tanpa mengangkat tangan dalam acara pengibaran maupun penurunan bendera merah putih dalam rangka peringatan 70 tahun RI (dianggap tidak memberi tanda hormat), hal ini beliau lakukan karena upacara diadakan secara militer. Dalam panduan protokoler bentuk penghormatan tersebut sudah sesuai Peraturan Pemerintah No 40 Tahun 1958, yakni hadirin yang sipil memberi tanda hormat cukup dengan berdiri tegak dalam sikap khidmat.

Juru Bicara Wakil Presiden, Husain Abdullah mengatakan, "Sikap sempurna yang dilakukan oleh Bapak Jusuf Kalla adalah sikap hormat," Menurut Husain, berdiri hormat dengan sempurna yang ditunjukkan Wapres persis dengan sikap hormat yang dilakukan Bung Hatta saat mendampingi Bung Karno. Husain juga menjelaskan dalam PP No 40/1958 tentang Bendera Kebangsaan Republik Indonesia, pada pasal 20 dituliskan bahwa sewaktu upacara penaikan atau penurunan Bendera Kebangsaan, semua orang yang hadir memberi hormat dengan berdiri tegak, berdiam diri, sambil menghadapkan muka kepada bendera sampai upacara selesai. Kemudian, lanjutnya, peserta upacara yang berpakaian seragam dari suatu organisasi dapat memberi hormat menurut cara yang ditentukan oleh organisasinya. Sedangkan bagi mereka yang tidak berseragam, hormat kepada bendera bisa dilaksanakan dengan meluruskan lengan ke bawah dan melekatkan telapak tangan erat kepada paha. Sementara semua jenis penutup kepala kecuali kopiah, ikat kepala, dan sorban, mesti dibuka.

Begitu toh ternyata.. #BelajarLagi #DapatIlmuBaru #heuheuheu

Share this

0 Comment to "Jadi, Ini Alasan Wapres Jusuf Kalla Tidak Hormat Saat Pengibaran Bendera"

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...