Thursday 8 October 2015

Melawan Asap (sudut Pandang Perokok)

Bagi yg ngaku2 peduli masalah asap yg cinta alam dan udara bersih semoga (sudah semestinya) bukanlah perokok.
Emang perokok itu kalo lg rokok asapnya ditelen, kan enggak. Padahal asap yg dilepaskan selama proses merokok juga akan menurunkan kualitas udara karena mengandung unsur kimia yg berbahaya bagi kesehatan (tidak hanya asap kebakaran hutan yg berbahaya)
Ato minimal perokok bisa ngejamin puntung rokoknya tidak dibuang sembarangan. Faktanya, di seluruh dunia pertahun ada sekitar 4,5 trilliun puntung rokok dibuang tidak pada tempatnya. Di jatim aja survey th 2005, 39 dari 40 perokok membuang puntung rokok sembarangan.
Padahal untuk mengurai puntung rokok dibutuhkan waktu sekitar 1,5-2,5 tahun di dalam tanah. Bahkan bisa sampai 5 tahun kalo terkena air laut.
Belum lagi, jika puntung rokok dibuang masih dalam keadaan hidup, karena puntung rokok dapat tetap menyala hingga 3 jam, yg ini tentu bisa menyebabkan kebakaran jika dibuang di tempat2 yg mudah terbakar.
So, peduli masalah kebakaran lahan gambut itu baik, tp lebih baik lagi jika  gak usah terus menyalahkan mending kita aksi nyata dimulai dr hal kecil dr diri kita sendiri #stopmenyebarkanasaprokok #
stopmembuangpuntungrokoksembarangan
#renungan #instropeksi #muhasabah #jleb #edukasi #stopmerokok #donotsmoking #saveudarabersih #saveearth #lestari #udahgituaja

Share this

0 Comment to "Melawan Asap (sudut Pandang Perokok)"

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...